Informasi » Artikel

IN4LINK, Solusi Perencanaan Keuangan Cerdas

04-11-2017 07:44

IN4LINK, Solusi Perencanaan Keuangan Cerdas

Mengapa orang bekerja? Tentunya orang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar yaitu Sandang, Pangan dan Papan setelah itu barulah sebagian disisihkan untuk Menabung.

Menurut survey ada 2 tipe orang dalam membelanjakan uangnya :

  1. Tipe yang pertama MENABUNG dulu baru BELANJA,
  2. Tipe yang kedua BELANJA DULU baru MENABUNG.

Anda termasuk tipe yang mana? Jika anda termasuk tipe yang pertama saya ucapkan Selamat kepada anda karena tipe ini yang dianjurkan, bukankah sejak kecil kita diajarkan untuk menabung.! Untuk Apa sih menabung? Mungkin jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat beragam sekali namun secara garis besar Pada umumnya tujuan menabung adalah Untuk : Investasi atau persiapan dana pensiun, Dana Pendidikan Anak, Dana Darurat, Dana Naik Haji, dan lain-lain.

Banyak orang yang merasa cuek dengan persiapan pensiunnya. Kalau Anda berumur 25-35 tahun, biasanya Anda sama sekali tidak memikirkan untuk mempersiapkan masa pensiun. Untuk sebagian orang, mempersiapkan masa pensiun adalah hal yang sama sekali tidak menyenangkan. Anda mungkin lebih tertarik untuk menikmati saja uang Anda saat ini. Anda merasa biaya hidup Anda sudah terlalu mahal sekarang, sehingga Anda tidak ingin mempersiapkan masa pensiun Anda dimana nota bene mengharuskan Anda menabung. Tetapi begitu Anda sudah berumur 50-60 tahun, Anda akan kaget bahwa waktu ternyata begitu cepat berlalu, dan Anda belum memiliki persiapan apa-apa.

Ada 4 (empat) alasan kenapa Anda perlu mempersiapkan masa pensiun:

  1. Tingginya biaya hidup saat ini
  2. Naiknya biaya hidup dari tahun ke tahun
  3. Ketidak-pastian ekonomi (termasuk pekerjaan Anda) dimasa mendatang
  4. Ketidakpastian fisik Anda dimasa mendatang

Anda bisa lihat dimana-mana: banyak orang yang bekerja dan mencari nafkah, justru ketika sudah tidak lagi bekerja malah memiliki kehidupan yang berada di bawah standar yang diinginkannya. Pada saat masih bekerja, mereka membanting tulang selama sekitar 30-40 tahun. Tetapi tetap saja, pada saat pensiun, mereka memiliki kehidupan yang jauh di bawah standar kehidupan mereka dahulu. Sayangnya, hidup mereka hanya sekali. Sudah terlambat untuk mengoreksi.

Kadang-kadang banyak juga orang yang menyadari pentingnya tabungan pensiun tapi merasa sulit untuk bisa mewujudkannya menjadi suatu langkah nyata. Mereka merasa akan kesulitan bilamana sebagian penghasilannya disisihkan untuk tabungan pensiun. Dalam kasus lainnya ada juga yang menabung untuk persiapan pensiunnya tapi tabungan tersebut disatukan dengan biaya-biaya hidup sehingga kalau tidak ekstra disiplin sama juga nasibnya. Sering juga orang menabung untuk hari tuanya tapi tanpa proteksi yang memadai sehingga kalau ada kebutuhan yang mendesak - seperti untuk biaya pengobatan rumah sakit - tabungan tersebut terpaksa dipergunakan.

Jadi tunggu apalagi, Mari rencanakan Masa Depan Anda melalui program IN4LINK