Informasi » Artikel

Mau Pensiun Nyaman Dan Tenang? Ini Tipsnya

23-02-2017 10:22

Mau Pensiun Nyaman Dan Tenang? Ini Tipsnya

Jakarta - Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata 'Pensiun'?
Pensiun atau berhenti bekerja merupakan suatu proses perubahan yang wajar dalam suatu kehidupan. Suatu perubahan dari seorang karyawan menjadi seorang bukan karyawan. Perubahan tersebut secara alami akan menghampiri setiap orang, waktunya sudah pasti berdasarkan usia yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Untuk itu memasuki masa pensiun sebaiknya diterima dengan tenang dan senang hati.

Pensiun seperti apa yang Anda inginkan nanti?
Setiap orang memiliki impian tersendiri akan masa pensiunnya. Rencanakan masa pensiun sejak masa produktif yaitu sekitar umur 30 tahun. Sehingga perencanaan keuangan di masa pensiun dapat direncanakan secara bersamaan dengan kebutuhan dana yang lain dalam waktu yang cukup panjang sampai tibanya masa pensiun. Mengingat kebutuhan keuangan di masa pensiun yang cukup besar, sehingga cara membentuk keuangan pun tidak cukup hanya dengan menabung karena bunga bank lebih kecil dari pada angka inflasi. Bahkan dana Anda hanya akan tergerus oleh inflasi. Memilih produk investasi jangka panjang 10-20 tahun, seperti reksa dana, dapat membuat dana Anda berkembang sesuai dengan tujuan keuangan. Juga investasi lain yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Bagaimana dengan Anda?
Jangan memaksakan diri sama dengan orang lain. Pilihlah aktivitas yang sesuai bisa berupa kegiatan sosial, spiritual, atau pun kegiatan wirausaha.
Apa saja dana yang perlu disiapkan untuk masa pensiun nanti?

Dana darurat
Setiap orang wajib mempunyai dana darurat atau sering disebut dengan istilah emergency fund. Sesuai dengan namanya, penempatan uang pada jenis tabungan ini hanya akan dipakai dalam keadaan darurat atau emergency

Harus dipisahkan bahwa kegunaan tabungan darurat berbeda dengan tabungan yang akan dipakai sebagai cash management account. Adapun cash management account dipakai untuk mengelola keuangan yang dipakai sehari-hari untuk keperluan pembiyaan sehari hari. Sementara tabungan darurat hanya dipergunakan dalam keadaan terjepit atau dalam keadaan terpaksa

Idealnya dana darurat disiapkan minimal 3 bulan gaji untuk orang yang belum keluarga dan minimal 6 bulan gaji untuk orang yang sudah keluarga, atau besarnya tergantung dari kenyamanan Anda.

Proteksi/Asuransi
Ketika orang tua meninggal secara mendadak. Orang yang ditinggalkan tidak hanya mengalami kesedihan mental akan tetapi juga kesedihan yang bersifat material akibat hilangnya penghasilan dari orang tua mereka yang telah meninggal. Masalah yang lain apabila rumah kita terbakar, kehilangan kendaraan atau kecelakaan dll.

Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan manajemen risiko atau pengalihan risiko pada pihak ketiga (3) untuk bersama sama menanggung risiko tersebut. Adapun pihak ketiga tersebut adalah perusahaan keuangan atau lebih layak disebut juga dengan perusahaan asuransi.

Dana pensiun
Beberapa perusahaan telah menetapkan usia pensiun antara 55–58 tahun. Pada saat pensiun tiba mereka menerima uang pesangon yang bila dihitung dengan kebutuhan perbulan akan habis lebih kurang hanya sekitar 3–5 tahun.

Selanjutnya sebagian orang yang telah pensiun kemudian menyambung dengan pekerjaan baru atau mencoba melakukan usaha. Namun bukankan masa pensiun akan lebih nyaman bila diisi dengan aktivitas yang menyenangkan, tenang dan bahagia bersama keluarga, istri, anak, mantu, cucu atau mungkin bersama orang tua?

Untuk itu rencanakan kebutuhan dana pensiun mulai dari sekarang, ketika masih aktif bekerja pada usia 30 tahun. Bentuklah aset investasi yang bisa memberikan pendapatan pasif pada saat pensiun tiba.

Dana pendidikan
Sama seperti kebutuhan dana sebelumnya idealnya dana pendidikan direncanakan dengan pembentukan dana yang lain, sehingga bisa dianalisa secara bersamaan. Tentukan cara pencapaiannya dan antisipasi risiko yang timbul, seperti kenaikan biaya pendidikan yang hampir selalu naik setiap tahunnya. Baik pada sekolah negeri maupun swasta. Pilihlah sekolah atau perguruan tinggi yang sesuai untuk lebih cermat menghitung kebutuhan dana pendidikan yang dibutuhkan. (wdl/wdl)

sumber : detik.com

SOLUSI TEPAT UNTUK MENGHADAPI PENSIUN,

SEGERA GABUNG PROGRAM IN4LINK DARI TUGU MANDIRI